Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi Menu Ms Word 2010


         Microsoft Word 2010 yang kita ketahui merupakan suatu program aplikasih pada suatu pengolahan kata dimana tugasnya melakukan suatu cara diproduksinya oleh Microsoft Word 2010 yang saat itu telah hadir sebagai penerus dari model ataupun versi pada Microsoft Word sebelumnya seperti Microsoft Word 2007. Pada Microsoft Word 2010 ini memiliki suatu kelebihan yang cukup banyak dibandingkan dengan Microsoft lainnya. Sehingga dimana banyak sekali mahasiswa yang menggunakan Microsoft Word 2010 ini dalam membuat berbagai bentuk tugasnya. Dalam suatu program Microsoft Word 2010 ini memungkinkan bagi para penggunaannya ataupun pemakaiannya untuk mengolah pada setiap kata dengan sangat cepat, mudah, dan dengan menghasilkan dengan baik dan juga sangat mengagumkan dibandingkan dengan Miscrosoft Word lainnya. Selain itu dalam melakukan suatu program aplikasih Microsoft Word 2010 ini kita juga bisa membuat sebuah dokumen dengan beberapa cara yang dimiliki didalamnya misalnya seperti membuat suatu tabel, grafik, diagram, dan masih banyak lagi tampilan dokumen dengan menggunakan beberapa menu pilihan yang ada di Microsoft Word 2010. Sehingga tidaklah heran pada Microsoft Word 2010 memiliki banyak manfaat sehingga sangat membantu dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Disamping itu Microsoft Word 2010 ini juga sangatlah lengkap dalam menu-menu yang terdapat dalam Microsoft Word 2010 ini sehingga sangatlah mudah untuk membuatnya karena fasilitas yang terdapat dalam Microsoft Word ini sangatlah lengkap dibandingkan Microsoft lainnya. Microsoft Word 2010 ini juga sangat membantu bagi mahasiswa kuliah dalam mengerjakan suatu tugas selain memiliki banyak keunggulan Microsoft Word 2010 ini juga memiliki kapasitas yang baik sehingga sangat banyak diminati pemakaiannya dalam aplikasih tersebut. Adapun pada fungsi menu yang terdapat dalam  Microsoft Word 2010 ini sangatlah banyak sehingga disini saya akan menjelaskan fungsi menunya sesuai yang ada di dalam Microsoft 2010 Sebagai berikut.



MENU FILE
                                       

  1. Save Berfungsi untuk menyimpan suatu file (Ctrl +S)
  2. Save As Berfungsi untuk menyimpan file yang telah kita buat 
  3. Open Berfungsi untuk membuka file yang telah kita buat sebelumnya (Ctrl + O)
  4. Close Berfungsi untuk menutup suatu aplikasi 
  5. Info Berfungsi untuk mengetahui suatu informasi tentang document yang telah kita ketik
  6. Reccent Berfungsi untuk melihat suatu document yang telah kita hapus sebelumnya
  7. New Berfungsi untuk membuka suatu document yang baru (Ctrl+N)
  8. Print Berfungsi untuk mencetak document
  9. Save & send Berfungsi untuk menyimpan suatu document dan kemudian kita kirim
  10. Help Berfungsi untuk memberi suatu bantuan-bantuan yang kita butuhkan 
  11. Option Berfungsi untuk pengaturan pada Microsoft Word                                                   
  12. Exit Berfungsi untuk keluar dari Microsoft Word                                                                                                                                                                                                                              MENU HOME                                                                                                                                                                                                                                                                  
                                                                                                                                                                                               
  1. Paste Berfungsi untuk menempelkan suatu tulisan  (Ctrl+ V)
  2. Cut Berfungsi untuk memotong sesuatu baik itu berupa gambar  (Ctrl+X)
  3. Font Berfungsi untuk memilih suatu jenis huruf yang akan kita ketik
  4. Font Size Berfungsi untuk mengukur suatu ukuran huruf  (Ctrl+I)
  5. Bold Berfungsi untuk menebalkan warna pada huruf ataupun angka (Ctrl+B)
  6. Italic Berfungsi untuk memiringkan suatu huruf  atau angka (Ctrl+I)
  7. Underline Berfungsi untuk membuat suatu garis bawah pada suatu huruf dan angka (Ctrl+U)
  8. abe (Strikethrough) Berfungsi untuk  mencoret huruf atau angka 
  9. X₂ (Susript) Berfungsi untuk memangkatkan angka di bagian bawah (Ctrl+shift+=)
  10. X² (Superscript) Berfungsi untuk memangkatkan angka di bagian atas (Ctrl+shift++)
  11. Grow Font Berfungsi untuk memperbesar suatu  huruf atau angka (Ctrl+>)
  12. Shrink Font Berfungsi untuk memperkecil suatu huruf atau angka (Ctrl+<)
  13. Text effect Berfungsi untuk memberi effect atau variasi pada huruf ataupun angka
  14. Change case Berfungsi untuk  huruf menjadi besar ataupun menjadi kecil.
  15. Ab Text High Light Color Berfungsi untuk memberi warna pada background 
  16. Font Color Berfungsi untuk memberi warna pada huruf  
  17. Clear Formating Berfungsi untuk membersihkan aplikasi atau menu 
  18. Bullets Berfungsi untuk memberi tanda pada suatu huruf
  19. Numbering Berfungsi untuk memberi angka sehingga menghasilkan secara otomatis
  20. Align Teks Left Berfungsi untuk tulisan yang berbentuk rata kiri pada teks (Ctrl+L)
  21. Center Berfungsi untuk tulisan yang akan berbentuk rata tengah pada teks (Ctrl+ E)
  22. Align Teks Right Berfungsi untuk tulisan yang akan berbentuk rata kanan (Ctrl+R)
  23. Justify Berfungsi untuk tulisan akan berbentuk rata kanan dan kiri (Ctrl+J)
  24. Line Paragraph Spacing Berfungsi untuk mengatur berapa spasi paragraph pada suatu tiap kalimat 
  25. Decrease Indent Berfungsi untuk sama seperti fungsi tab hanya saja ini tab kiri
  26. Increase Indent Berfungsi untuk sama seperti fungsi tab hanya saja ini tab kanan
  27. Shading Berfungsi untuk memberi warna pada suatu background secara keselurahan 
  28. Sort Berfungsi untuk memberi abjad dari a-z ataupun sebaliknya
  29. Inside Border Berfungsi untuk memberi sejenis tabel tetapi bukan seperti tabel
  30. Change Style Berfungsi untuk memberikan model bentuk huruf menjadi otomatis
  31. Find Berfungsi untuk mencari sebuah kata  (Ctrl+F)
  32. Replace Berfungsi untuk  pengganti huruf apabila kita salah (Ctrl+H)
  33. Select Berfungsi untuk  seperti mouse tetapi ini fungsinya menandai                                                                                                                                                                                      MENU INSERT                                                                                                                                                                                                             
                                     
                                                                                                                                              
  1. Cover Page Berfungsi  untuk membuat suatu kover 
  2. Blank page Berfungsi untuk membuka suatu lembaran baru 
  3. Page Break Berfungsi untuk menghasilkan langsung menuju ke halaman berikutnya (Ctrl+ Return)
  4. Table Berfungsi untuk membuat suatu table
  5. Picture Berfungsi untuk memberi suatu gambar
  6. Clip art Berfungsi untuk memberi suatu clip art
  7. Shapes Berfungsi untuk memberi bentuk yang kita inginkan pada suatu shapes
  8. Smart art Berfungsi untuk memberi diagram yang lebih beragam 
  9. Chart Berfungsi untuk memberikan suatu diagram 
  10. Screen shoot Berfungsi untuk memasukkan gambar yang kita inginkan
  11. Hyperlink Berfungsi untuk membuat suatu link menuju halaman, web, gambar.
  12. Bookmark Berfungsi untuk hal tertentu pada suatu dokumen
  13. Cross-reference Berfungsi untuk menanda suatu hal 
  14. Header Berfungsi untuk mengganti header 
  15. Footer Berfungsi untuk mengganti footer
  16. Page number Berfungsi untuk meberikan suatu nomor 
  17. Tekt box Berfungsi untuk membentuk tulisan seperti bentuk kotak
  18. Quick parts Berfungsi untuk memasukkan suatu potongan 
  19. World Art Berfungsi untuk memberi foot dalam bentuk yang  beragam
  20. Signature Line Berfungsi untuk memberikan tempat 
  21. Date & Time Berfungsi untuk memberi suatu  tanggal dan waktu 
  22. Object Berfungsi untuk memasukkan suatu objek 
  23. Equation Berfungsi untuk memasukkan suatu  rumus matematika 
  24. Symbol Berfungsi untuk memasukkan suatu symbol yang tidak ada dalam tombol keyboard                                                                                                                                          MENU PAGE LAYOUT                                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                                                                  
  1. Theme Berfungsi untuk memberikan tema pada suatu document kita
  2. Theme color Berfungsi untuk memberikan warna 
  3. Theme font Berfungsi untuk memberikan bentuk font pada tema dalam dokumen
  4. Theme effect Berfungsi untuk mengganti efek pada tema
  5. Margins Berfungsi untuk mengatur tepi kanan, kiri, atas bawah pada suatu dokumen
  6. Orientatiton Berfungsi untuk mengatur suatu bentuk kertas 
  7. Size Berfungsi untuk memberikan ukuran pada kertas
  8. Hyphenation Berfungsi untuk mengatur pada pemisah spasi
  9. Watermark Berfungsi untuk memberikan tulisan yang kabur pada teks 
  10. Page Color Berfungsi untuk memberi warna pada lembar document kita
  11. Page border Berfungsi untuk memberikan suatu garis tepi 
  12. Indent Berfungsi untuk memberikan jarak garis masuk 
  13. Spacing Berfungsi untuk spasi pada setiap paragraf
  14. Object Position Berfungsi untuk mengatur suatu posisi objek dalam teks
  15. Bring forward Berfungsi untuk membawa kedepan obyek
  16. Send backward Berfungsi untuk membawa obyek menjadi ke belakang
  17. Align Berfungsi untuk pengaturan alinea  suatu paragraph  
  18. Group Berfungsi untuk menggabungkan suatu obyek menjadi satu
  19. Rotate Berfungsi untuk memutar pada obyek yang akan dipilih                                                                                                                                                                                              MENU REFERENCES                                                                                                                                                                                                                                                                           
                                                                                         
                                   
                         
  1. Table Of Content Berfungsi untuk memilih dan mengatur daftar isi secara otomatis
  2. Add Text Berfungsi untuk menambah teks dalam paragraf akan terpilih kedalam format daftar isi otomatis 
  3. Update Table Berfungsi untuk memperbarui bentuk daftar isi secara otomatis
  4. Insert Footnote Berfungsi untuk menambah catatan kaki 
  5. Insert Endnote Berfungsi untuk menambah suatu rujukan yang berupa catatan di akhir dokumen
  6. Next Footnote Berfungsi untuk memantau footnote dan endnote yang ada secara berurutan 
  7. Show Notes Berfungsi untuk menampilkan letak footnote 
  8. Insert Citations  Berfungsi untuk menambahkan suatu kutipan secara langsung 
  9. Manage Sources Berfungsi untuk mengelola semua sumber kutipan yang telah ditambahkan sebelumnya 
  10. Style Berfungsi untuk memilih model (gaya) penulisan kutipan langsung 
  11. Bibliography Berfungsi untuk menambahkan dan mengelola daftar pustaka yang aktif sehingga menghasilkan daftar pustaka secara langsung
  12. Insert Caption Berfungsi untuk memberikan keterangan pada ilustrasi ataupun objek ditambahkan
  13. Insert Table of Figures Berfungsi untuk menambahkan daftar gambar yang ada 
  14. Update Table Berfungsi untuk memperbarui daftar gambar yang telah dibuat sebelumnya
  15. Cross-reference Berfungsi untuk menambahkan daftar rujukan secara cepat 
  16. Mark Entry Berfungsi untuk memberikan tanda terhadap masukan sumber baru 
  17. Insert Index Berfungsi untuk menambah indeks atau daftar kata 
  18. Update Index Berfungsi untuk memperbarui daftar kata yang sudah ada
  19. Mark Citation Berfungsi untuk menandai, mengelola teks yang telah kita pilih 
  20. Insert Table Authorities Berfungsi untuk menambah daftar Authorities
  21. Update Table Berfungsi untuk memperbarui daftar authorities                                                                                                                                                                                            MENU MAILINGS                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       
                                                                                                   
  1. Envelopes Berfungsi untuk membuat amplop
  2. Labels Berfungsi untuk menampilkan label 
  3. Start mail marge Berfungsi untuk membuat surat
  4. Select recipient Berfungsi untuk memilih orang yang akan kita kirimi didalamnya
  5. Addres block Berfungsi untuk menunjukkan suatu alamat pada surat
  6. Edit recipient list Berfungsi untuk merubah suatu daftar pada penerima surat
  7. Highligt merge fields Berfungsi untuk menanandai dengan warna tempat 
  8. Greeting Line Berfungsi untuk garis pada surat yang berisi suatu salam
  9. Insert merge field Berfungsi untuk memberikan data tentang apa saja 
  10. Rules Berfungsi untuk aturan tertentu untuk ditambahkan dalam merge
  11. Match Field Berfungsi untuk mencocokkan penerima agar hasilnya tidak ada yang sama
  12. Update Label Berfungsi untuk merubah susunan label dengan penerima surat
  13. Preview Result Berfungsi untuk menayangkan hasil sesuai dengan apa yang akan dilihat 
  14. Go to record Berfungsi untuk menayangkan rekaman tertentu dalam daftar penerima
  15. Find Recipient Berfungsi untuk menemukan penerima 
  16. Auto check for errors Berfungsi untuk mengecekan suatu kesalahan otomatis
  17. Finish and merge Berfungsi untuk menyelesai proses pembuatan pada mail merge                                                                                                                                                   MENU REVIEW                                                                                                                                                                            
                                                                                                                 
  1. Spelling dan Grammer Berfungsi ntuk mengecek ejaan dan susunan kata dalam suatu teks
  2. Research (alt+click) Berfungsi untuk membuka panel pada pencarian kata
  3. Thesaurus Berfungsi untuk menyarankan kata lain yang memiliki arti sama 
  4. Translate Berfungsi untuk menterjemahkan ke bahasa yang kita inginkan
  5. Language Berfungsi untuk pilihan pada suatu bahasa
  6. New comment Berfungsi untuk tambahkan suatu komentar 
  7. Delete Berfungsi untuk menghapus komentar
  8. Previous Berfungsi untuk melihat komentar pada sebelumnya
  9. Next Berfungsi untuk melihat komentar yang sesudahnya
  10. Track changes Berfungsi untuk jejak dari perubahan dalam suatu document
  11. Final show markup Berfungsi untuk mengecek kembali isi dokumen
  12. Show markup Berfungsi untuk memilih markup 
  13. Reviewing Pane Berfungsi untuk mengecek pada document
  14. Accept Berfungsi untuk menerima penerimaan yang telah diubah
  15. Reject Berfungsi untuk menghapus penerimaan
  16. Previous Berfungsi untuk melihat document yang sebelumnya
  17. Next Berfungsi untuk melihat revisi yang setelahnya dibuat
  18. Compare Berfungsi untuk melihat dokumen dan membandingkannya
  19. Block authors Berfungsi untuk membuat document yang dibuat 
  20. Restrict editing Berfungsi untuk mengunci dokumen agar tidak bisa diubah oleh orang lain                                                                                                                                                     MENU VIEW                                                                                                                                                                                                                                                           
                                                                                                        
  1. Print layout Berfungsi untuk melihat kertas kerja yang dibuat pada saat kita print
  2. Full screen Berfungsi untuk melihat kertas kerja secara menyeluruh
  3. Web layout Berfungsi untuk melihat document yang diunduh dari website atau lainnya
  4. Outline Berfungsi untuk melihat document yang telah kita ketik dengan sangat jelas
  5. Draft Berfungsi untuk melihat document yang kita ketik secara sekilas 
  6. Ruler Berfungsi untuk mengukur object dokumen yang kita ketik 
  7. Gridlines Berfungsi untuk memberi garis kotak-kotak yang kita buat
  8. Navigation pane Berfungsi untuk membantu  melihat suatu dokument
  9. Zoom Berfungsi untuk menghasilkan tulisan menjadi lebih besar
  10. 100% Berfungsi untuk melihat dokumen dalam ukuran 100% lebih besar
  11. One page Berfungsi untuk melihat document dalam satu halaman penuh
  12. Two page Berfungsi untuk melihat document dalam dua halaman penuh
  13. Page width Berfungsi untuk memperbesar lebar dokumen dengan layar
  14. New windows Berfungsi untuk membuka dokumen baru 
  15. Arrange all Befungsi untuk memperlihatkan semua program 
  16. Split Berfungsi untuk membagi layar menjadi dua bagian 
  17. View side by side Berfungsi untuk melihat suatu document satu per satu
  18. Synchronous scrolling Berfungsi untuk scroll menjadi dua document
  19. Reset window position Berfungsi untuk mengulang posisi window 
  20. Switch windows Berfungsi untuk memilih document yang sejenis 
  21. Macros Berfungsi untuk melihat daftar makro sehingga menciptakan 
                                                                                                                                                                                                                                         Semoga Bermanfaat 😊

Baca Juga :
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.htmlmembuat daftar isi dengan tabulasi dan table of content microsoft word









https://saripuspitaadewi.blogspot.com/2019/05/pengenalan-microsoft-word-2010-menu-dan.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art dan Watermark Page Boarder Smart art, Footnote dan Comment

Membuat dan Memodifikasikan Table Serta Menggunakan Rumus Sederhana di Ms Word 2010